5 Hal ini yang bakalan bikin rambut kamu masih berkilau di Usia 40-an!

rambut berkilau

Seiring bertambahnya usia tubuh kita pun nggak akan se-fit dulu. Begitu pula dengan kondisi rambut. Memasuki usia 40-an, berbagai permasalahan rambut mulai bermunculan. Mulai dari uban yang semakin banyak, rambut terasa lebih rapuh, menipis, hingga rontok yang parah.

Selain faktor usia tubuh yang memang sudah mulai menua, kondisi genetik dan perubahan hormon yang terjadi akibat menopause juga bisa menjadi penyebabnya. Lalu bagaimana cara agar rambut tetap bisa terlihat sehat dan berkilau meskipun sudah menginjak umur 40-an? Baca terus artikel ini untuk tahu jawabannya ya.

Tubuh Terhidrasi

Semakin menua, tekstur rambut cenderung menjadi lebih kering dan rapuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga hidrasi rambut menggunakan produk yang melembapkan. Misalnya seperti jangan lupa untuk  mencukupi asupan air mineral juga. Nggak hanya kulit aja yang akan terpengaruh, tapi rambut pun akan jadi lebih lembap dan kuat jika kebutuhan air sehari-hari tercukupi.

 

Keramas Berlebihan

Rambut dan kulit kepala yang bersih memang penting. Tapi kamu belum tentu perlu keramas setiap hari jika sebenarnya kondisi kepala masih bersih. Keramas berlebihan justru bisa membuat kulit kepala dan rambut jadi kering karena minyak alami yang bisa melembapkan jadi terhempas semua. Menurut dermatologist Elizabeth Hughes, orang yang sudah berumur 40-an dan 50-an tapi masih melakukan rutinitas keramas seperti saat masih remaja dapat merusak kulit kepala dan butuh waktu lama untuk memperbaikinya.

 

Styling Rambut seperlunya

Menata rambut dengan alat styling bisa menjadi terlalu harsh untuk rambutmu yang sudah lebih fragile dibandingkan dulu. Selain itu, rambut yang sudah nggak sekuat dulu jika terus-menerus di-styling dengan catokan atau bahkan sekadar diikat bisa menyebabkan kerontokan traction alopecia. Begitu pula dengan mengeringkan rambut dengan hair dryer yang sangat panas. Jika kamu bukan tipe yang bisa menunggu lama dalam mengeringkan rambut dan prefer menggunakan hair dryer, pilihlah hair dryer yang bisa diatur tingkat panasnya supaya gak terlalu panas.

 

Jaga kesehatan kulit kepala

Kesehatan kulit kepala ternyata juga berpengaruh terhadap kondisi rambutmu. Menurut dermatologist dr. Sanusi Umar mengibaratkan kulit kepala sebagai tanah ladang, dimana tanah yang buruk secara langsung akan memengaruhi kondisi tanaman yang tumbuh di atasnya. Dengan memiliki kulit kepala yang sehat, kamu bisa terhindar dari rontok berlebih, ketombe, rasa gatal, maupun iritasi sehingga kamu bisa punya helai rambut yang lebih kuat, berkilau, dan pertumbuhannya pun jadi terstimulasi lagi.

 

Konsumsi suplemen tambahan

Produksi minyak alami dan kolagen akan berkurang seiring bertambahnya umur. Padahal kolagen juga berguna untuk rambut agar tumbuh lebih kuat dan tebal. Kamu bisa mengandalkan suplemen tambahan yang mengandung kolagen agar kebutuhannya untuk rambut tetap terpenuhi.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
X (Twitter)
YouTube
Pinterest
Instagram
Tiktok