Melindungi Kulit dari Sinar Matahari: Perbandingan Sunscreen vs. Sunblock

melindungi kulit

Matahari memberikan sumbangan energi yang signifikan bagi manusia di muka bumi, namun paparan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti penuaan dini, risiko kanker kulit, dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, melibatkan langkah-langkah perlindungan terhadap sinar matahari menjadi hal penting dalam upaya merawat kulit. Sunscreen dan sunblock adalah dua produk yang umumnya digunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Dalam penggunaannya, antara sunscreen dan sunblock seringkali digunakan secara bergantian, keduanya memiliki perbedaan, dimana masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai perbedaan antara sunscreen dan sunblock, serta melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing produk.

 

Sunscreen

Perlindungan dengan Teknologi Kimia

Sunscreen berfungsi dengan menyerap sinar matahari sebelum mereka dapat meresap ke dalam kulit. Produk ini menggunakan bahan-bahan kimia seperti oksibenzone, avobenzone, atau octocrylene yang merubah sinar UV menjadi panas kemudian melepaskan panas tersebut dari permukaan kulit. Sunscreen dikenal memiliki tekstur yang lebih ringan dan nyaman saat diaplikasikan karena sifat cair dan kemampuannya untuk mudah meresap. Dengan karakteristiknya yang ringan, sunscreen sering menjadi pilihan yang lebih sesuai untuk penggunaan sehari-hari di bawah riasan.

 

Kelebihan Sunscreen:

Sunscreen lebih ringan dan nyaman digunakan karena lebih mudah menyerap kedalam kulit, cocok untuk aktivitas sehari-hari, dengan formula yang lebih ringan akan memudahkan penerapannya pada kegiatan sehari-hari.

 

Kekurangan Sunscreen:

Sunscreen memerlukan waktu beberapa menit untuk diserap oleh kulit sebelum memberikan perlindungan penuh dan diperlukan untuk pengaplikasian yang berulang kali, seperti sehabis berenang atau berkeringat

 

Sunblock

 

Sunblock, berfungsi secara fisik dengan memberikan lapisan tebal yang menghalangi sinar matahari agar tidak dapat meresap ke dalam kulit. Bahan aktif yang umum digunakan dalam sunblock adalah zinc oxide dan titanium dioxide. Keunggulan sunblock terletak pada keefektifannya yang instan, karena tidak memerlukan waktu penyerapan oleh kulit seperti yang terjadi pada sunscreen.

 

Kelebihan Sunblock:

Perlindungan Instan, sunblock dapat memberikan perlindungan instan

Cocok untuk Kulit Sensitifbahan yang terkandung dalam sunblock umumnya cocok untuk kulit sensitif

 

Kekurangan Sunblock:

memiliki tekstur yang lebih tebal, selain itu ada whitecast dan terasa lebih berat setelah diaplikasikan ke kulit bagi sebagian orang

 

Cara menentukan sunscreen atau sunblock

Jenis Kulit

Kamu dapat menyesuaikan dengan jenis kulit, kalo kamu  memiliki kulit yang berminyak maka sunscreen lebih cocok untuk digunakan, sedangkan apabila memiliki kulit sensitive, maka sunblock dengan bahan fisik lebih cocok untuk digunakan.

 

Aktivitas

Apabila kita memiliki kegiatan diluar ruangan namun tidak dalam waktu lama, maka sunscreen dapat digunakan untuk melindungi kulit kamu dari sinar UV, sedangkan apabila kamu memiliki kegiatan diluar ruangan dengan waktu yang lama, maka sunblock lebih cocok untuk digunakan karena memberikan perlindungan yang lebih tahan lama.

Penggunaan sunblock maupun sunscreen sama-sama memiliki kegunaan untuk melindungi kerusakan pada kulit kita dari paparan sinar UV. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan kamu diluar ruangan, pastikan untuk memilih produk dengan kandungan SPF yang sesuai dengan kebutuhan kita, kamu bisa banget cobain melaguard sunblock yang cocok banget buat kamu yang kegiatan di outdoor tapi gamau ada whitecast.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
Facebook
X (Twitter)
YouTube
Pinterest
Instagram
Tiktok