Apa itu Implant Gigi?

ilustrasi implant gigi

Oleh : drg Phimatra Jaya Putra, M.M., Sp.RKG

Implant gigi adalah suatu proses mengembalikan kondisi gigi untuk dapat mempertahankan fungsi penguyahan dan bentuk muka. Implant gigi merupakan perawatan mengembalikan gigi dengan penggunaan akar titanium yang ditanam pada tulang rahang. Gigi tanam ini dapat menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang serta akan mengurangi ketidaknyamanan karena gigi palsu yang lepas pasang. Implant gigi memiliki bentuk yang hampir sama dan fungsi yang mendekati dengan gigi asli.

Siapakah yang tepat untuk melakukan implant gigi ini?

Setiap orang yang sudah mengalami gigi hilang atau giginya dicabut baik satu atau lebih yang disebabkan oleh kecelakaan atau akibat gigi rusak atau berlubang.

Pasien yang sudah memiliki umur sebaiknya melakukan konsultasi sehingga sebelum perawatan bisa dilakukan evaluasi Riwayat Kesehatan dan kondisi gigi terkait.

Keuntungan Apa yang akan didapatkan dari Implant Gigi?

Selamat tinggal kepada gigi palsu lepasan yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan karena bergeser saat mengunyah dan harus menahan mulut saat ketawa karena takut gigi palsu tersebut lepas. Sehingga kita akan merasa lebih nyaman.

Kemudian Implant gigi tentu saja mengembalikan kemampuan mengunyah dan berbicara karena memiliki karakteristik sepertik gigi asli maka akan mengambalikan efesiensi mengunyah dan mempertahankan kondisi tulang rahang. Selain itu untuk berbicara akan terdengar lebih jelas karena otot muka tidak tegang karena menahan gigi palsu dan suara yang ditimbulkan menjadi tidak jelas. Penggunaan Implant gigi akan membuat anda bisa berbicara dengan tenang dan suara nada yang alami.

Investasi jangka Panjang, mengapa? Karena walaupun memang harga perawatannya lebih mahal dibandingkan perawatan lain tetapi lebih bagus dan dapat bertahan lama karena dibandingkan gigi tiruan jembatan dan gigi palsu yang perlu perawatan penyesuaian dan penggantian secara rutin.

Meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri, karena apabila kita kehilangan gigi maka tulang rahang akan menjadi lebih kecil seiring dengan waktu dan membuat wajah menjadi lebih tua tetapi kita bisa mencegah ini dengan implant gigi. Serta anda juga akan merasa bangga dengan diri anda sendiri karena tidak tampak adanya gigi yang ompong dan hampir semua hal hal bisa anda lakukan seperti gigi asli yang akan meningkatkan rasa percaya diri anda.

Lalu berapa lama sebenarnya implant dapat bertahan?

Seperti gigi asli Implant gigi juga perlu pengecekan dan perawatan yang baik minimal 6 bulan sekali. Apabila dipertahankan dengan dengan dan benar, kebanyakan dari akar titanium akan bertahan seumur hidup walaupun bagian mahkota dan bagian abutment atau penyambung dan alat-alat yang diperlukan perlu diganti apabila sudah tidak baik.

Terakhir berapa lama waktu untuk menyelesaikan perawatan tersebut ?

Proses implant gigi dari awal sampai akhir memerlukan waktu sekitar 6 sampai 12 bulan. tergantung dari jumat dan kualitas tulang bekas pencabutan tersebut. Waktu tersebut diperlukan untuk pertumbuhan tulang disekitar akar implant gigi dan berbagai prosedur termasuk Tindakan bedah minor dan pembuatan mahkota tiruan.

Sumber Referensi:

  • Penyatuan Jaringan Tiruan, Penerbit Quintessence (Tissue-Integrated Prostheses, Quintessence Books)
  • Penyatuan Jaringan Tulang dan Implan Gigi (Osseointegration and Dental Implants), John Wiley and Sons
  • Implan Gigi Untuk Dokter Gigi Umum (Diagnosis dan Implantasi). Bandung. Karasutisna T. 2004.
  • Short implant: reality and predictability. Influence of different tapered implants on stress and strain distribution in bone and implant: a FEA. J Adv Periodontal Implant Dent 1(1):11–19 Ullen G, A peer RPub. Heidari B, Bisadi H, Heidari Be, Kadkhodazadeh M (2009)
  • Implant diameter and length influence on survival: interim results during the first 2 years of function of implants by a single manufacture. Implant Dent 22:394–398 Mijiritsky E, Mazor Z, Lorean A, Levin L (2013)
WhatsApp Chat langsung Whatsapp