Atasi PCOS dengan Terapi Akupunktur Medik

Istilah PCOS sering sekali terdengar bahkan menjadi pembicaraan hangat di kalangan remaja putri atau ibu-ibu muda saat ini. PCOS atau sindrom polikistik ovarium merupakan suatu gangguan hormonal yang terjadi pada wanita dengan gejala terseringnya adalah gangguan haid.

Penderita PCOS akan mengalami keterlambatan haid mulai dari satu minggu sampai berbulan-bulan.Terkadang juga penderita tidak pernah mengalami haid sejak remaja.

PCOS ini menjadi salah satu penyebab gangguan kesuburan pada wanita sehingga seringkali ditemukan penderita PCOS yang sulit hamil. Gangguan kesuburan pada PCOS dikarenakan indung telur memproduksi banyak folikel setiap bulannya, tanpa menghasilkan sel telur yang dapat dibuahi sehingga terjadi gangguan ovulasi.

Selain itu kondisi PCOS juga membuat kadar hormon androgen yang berlebihan yang ditandai dengan jerawat yang sulit disembuhkan, pertumbuhan rambut yang berlebihan di daerah yang tidak biasa pada wanita misalnya pada kumis, jenggot, punggung, dan kaki.

Kunci utama agar PCOS terkendali adalah dengan melakukan pola hidup sehat yaitu berolahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan dengan pola diet rendah kalori dan tinggi protein. Selain itu, Dokter bisa memberikan terapi farmakologi dan non farmakologi. Terapi farmakologi berupa obat-obatan yang disesuaikan dengan keluhan PCOS nya dengan dibawah pengawasan dokter. Terapi non farmakologi misalnya dengan terapi akupunktur medik yang kini memperoleh peningkatan popularitas di seluruh dunia dalam mengatasi masalah reproduksi endokrinologi dan infertilitas.

Di Indonesia, pelayanan akupunktur medik menerapkan prinsip Evidence Based Medicine, dilakukan oleh Dokter Umum yang mendapat kompetensi tambahan akupunktur medik dasar, dan Dokter Spesialis Akupunktur Medik (DSp.Ak) yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Manfaat yang di dapat dari terapi akupunktur PCOS adalah dapat meregulasi sistem hormonal sehingga siklus haid kembali normal dan teratur, meregulasi sistem metabolik tubuh dengan meningkatkan sensitivitas insulin, dan memberikan efek rileksasi sehingga dapat mengurangi stres psikologis seperti kecemasan yang dialami penderita PCOS.

Sudah ada beberapa studi akupunktur baik dalam dan luar negeri yang memberikan hasil signifikan dalam mengatasi PCOS dengan efek samping yang menimal. Salah satu literatur menyatakan bahwa, terapi akupunktur PCOS dapat dilakukan selama kurang lebih 3-4 bulan. Prinsipnya, mengendalikan PCOS bukan hanya untuk program hamil saja, melainkan untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Salam sehat.

Dr.Nadia Oktari,Sp.Ak
Dokter Spesialis Akupunktur Medik
IG @dokternana.akupunktur

WhatsApp Chat langsung Whatsapp