Kanker Otak: Ketahui, Pahami Gejala Serta Penanggulangannya.

 

Mengenal Kanker Otak

Dilansir dari Alodokter.com, Kanker Otak terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal (tumor) yang bersifat ganas dan terjadi pada otak.

Sel kanker dapat menyebar secara cepat jika tidak diketahui sejak dini. Berdasarkan jenis selnya, kanker otak dapat bersifat jinak atau ganas. Kanker otak ganas menyebar dengan cepat dan dapat tumbuh kembali walau telah dilakukan prosedur operasi pengangkatan.

Kanker otak memiliki stage hingga Stadium 4 dilihat dari perkembangan serta perluasan penyebarannya. Pada Stadium 1, sel kanker masih terlihat normal, akan sangat berbeda ketika sel kanker telah masuk pada stage Stadium 4 yang memiliki pertumbuhan sangat cepat.

 

Darimana Sel Kanker Otak Muncul?

Sel kanker otak dapat muncul dari otak itu sendiri atau disebut sebagai kanker otak primer, atau dapat berasal dari sel di bagian tubuh lain yang kemudian menyebar hingga ke otak, seperti berasal dari sel kanker payudara, paru-paru, ginjal, dan lainnya disebut sebagai kanker otak sekunder.

Kanker otak primer terhitung memiliki porsi 75% dari keseluruhan kasus tumor otak, sedangkan kanker otak sekunder memiliki 25%.

Kanker otak yang terdeteksi sejak awal dapat ditangani dengan bantuan medis.

 

Pada Siapa Kanker Otak Dapat Terjadi?

Kanker otak primer dapat terjadi pada siapa saja. Frekuensi sering terjadi pada usia dibawah 15 tahun dan orang lanjut usia, sedangkan kanker otak sekunder lebih sering terjadi pada orang dewasa.

 

Kenali Tanda, Gejala, dan Cara Penanggulangan Kanker Otak

Salah satu yang sering kita jumpai adalah gejala sakit kepala terus –menerus dalam jangka waktu yang panjang. Ini dikarenakan tumor otak yang ganas telah tumbuh dan menekan tengkorak. Jika mengalami bersin dan batuk, sakit kepala akan semakin menjadi.

Gejala berikut akan muncul bergantung pada lokasi tumor otak dan dapat mengakibatkan perubahan pada kegiatan sehari-hari:

  • Sakit kepala ringan hingga berat, terutama pada saat pagi hari
  • Otot melemah pada satu sisi bagian tubuh
  • Kesulitan menjaga keseimbangan tubuh dan gerak
  • Tubuh merasa kesemutan
  • Kejang

Adapula gejala lainnya yang mungkin terjadi saat mengalami kanker otak:

  • Kehilangan konsentrasi, ingatan, perhatian, dan kebingungan tanpa sebab yang jelas
  • Mual dan muntah pada pagi hari yang disebabkan oleh vertigo
  • Mengalami gangguan penglihatan, seperti mata kabur, berbayang/ganda
  • Berubahnya kapasitas pemikiran intelektual dan emosional, seperti halnya berkurang pemahaman mengenai penjelasan lawan bicara
  • Kesulitan berbicara

Gejala dan tanda yang dialami penderita kanker otak mungkin akan berbeda. Bahkan, gejala diatas cenderung umum dan tidak terlalu signifikan. Gejala kanker otak bisa tumbuh dengan lambat, atau bahkan lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

 

Tanggulangi Kanker Otak dengan Periksakan Diri Anda ke Dokter

Periksakan diri Anda ke dokter jika salah satu gejala tersebut menyerang. Seperti saat memiliki sakit kepala berkepanjangan atau bahkan hingga mengalami kejang-kejang.

Dokter akan melakukan pemeriksaan mulai dari yang umum hingga lebih spesifik untuk mengetahui penyebab dari rasa sakit kepala yang muncul berkepanjangan.

Dokter akan memberikan berbagai alternatif penanganan secara medis, baik dari luar dan dalam.

Selain mengkonsumsi obat-obatan, dokter akan menyarankan berbagai terapi terbaik untuk Anda. Serta dokter akan menyarankan Anda dalam kondisi yang baik, senang, dan tidak memiliki beban pikiran yang dapat menghambat proses pengobatan Anda.

Dalam keadaan tenang, Anda tentu akan berpikir lebih jernih dan segala penanggulangan kanker akan berjalan dengan baik. Salah satu sesi untuk dapat membuka akses menuju ketenangan selama pengobatan, Anda dapat menjalani Sesi BARS.

Baca juga: https://lineation.co.id/lebih-dekat-dengan-bars-lineation/

Sesi BARS dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan, menjadi lebih rileks dan tenang selama pengobatan. Jika hati dan pikiran menjadi tenang, tubuh cenderung mengikuti. Dengan begitu, sistem imun dalam tubuh akan membaik bahkan berkembang lebih banyak dan mampu melawan sel kanker yang sedang menyebar.

Beberapa sesi BARS akan membantu diri Anda sendiri, kemudian dapat membantu orang lain di sekitar Anda. Mengikuti kelas Sesi BARS dengan praktisi tersertifikasi secara internasional adalah investasi seumur hidup untuk diri Anda dan sekitar.

Tak hanya dalam melawan kanker, BARS juga membuka energi negative keluar dari tubuh Anda dan membiarkan energy positif memenuhi hati, pikiran, dan tubuh Anda. Sehingga pengobatan kanker menjadi tanpa hambatan, imun pada tubuh menjadi lebih baik, dan Anda juga dapat menjadi praktisi BARS tersetifikasi serta menularkan energy positif pada banyak orang.

 

WhatsApp Chat langsung Whatsapp