World Suicide Awareness Day 2019: Antusias Masyarakat Bandung Untuk Bebas Dari Depresi, Trauma, dan Frustrasi Melalui Free BARS Session

Dalam event World Suicide Awareness Day 2019 yang telah terserenggara pada 10-13 September 2019, Lineation Centre membuka kesempatan untuk warga Bandung dan sekitarnya untuk lebih memperhatikan dan mencintai diri agar bebas dari depresi, trauma, frustrasi, anxiety, atau bagi masyarakat yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik melalui Sesi Access BARS.

Baca juga: https://lineation.co.id/lebih-dekat-dengan-bars-lineation/

Terbagi kedalam 4 sesi selama 3 hari, dan 1 sesi pada hari terakhir penyelenggaraannya, lebih dari 100 partisipan terdaftar untuk menerima Sesi Access BARS. Semangat warga Bandung yang ingin keluar dari depresi sangat memenuhi suasana ruangan pelaksanaan sesi Access BARS selama 1,5 jam setiap sesinya.

Selama sesi berlangsung, para Praktisi BARS dan partisipan saling bertukar informasi mengenai prosedur BARS dan tak jarang pula terdapat beberapa partisipan yang mencurahkan isi hati dan pikirannya pada Praktisi BARS. Membuat suasana sesi menjadi lebih hangat dan partisipan dapat lebih rileks selama sesi.

 

Partisipan yang datang memiliki problemnya tersendiri, mulai dari ingin upgrade menjadi pribadi yang lebih baik, ingin menghilangkan pemikiran negatif yang menghambat potensi diri, hingga partisipan dengan problem pernah berkeinginan untuk bunuh diri. Setiap partisipan sangat aktif pada sharing session yang dipandu oleh BARS Facilitator David Budi Wartono sesaat setelah sesi usai. Partisipan menjadi lebih berani untuk berbicara dan cenderung sangat aktif untuk mencari jawaban dari hal yang selama ini membuat diri mereka terblokir.

Partisipan yang wajib menerima sesi lanjutan akan melakukan kembali sesinya pada tanggal 11 hingga 13 September, bergantung pada tingkat kebutuhan partisipan untuk menerima Sesi BARS. Mayoritas adalah partisipan yang memiliki ‘ability’ dan atau memiliki riwayat depresi yang memerlukan penanganan lebih intens.

Dari hari ke hari, suasana Sesi Access BARS menjadi lebih hangat dan penuh dengan kegembiraan, baik dirasakan oleh partisipan maupun praktisi. Beban yang selama ini membuat partisipan menjadi pribadi yang terjebak dalam situasi tidak menyenangkan berubah menjadi pribadi yang lebih mudah tersenyum, lebih mudah menyerap informasi, lebih mudah untuk akrab dengan orang baru, dan lebih menyayangi diri sendiri. Kesadaran partisipan akan pentingnya kesehatan mental, pikiran, dan perasaan telah tertanam dan membuat partisipan mengetahui apa yang harus dilakukan jika suatu hari mendapat problem yang serupa maupun problem yang berbeda.

 

Melalui Free BARS Session, Lineation berkontribusi untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya mencintai diri sendiri, dan memahami tanda-tanda munculnya depresi, stress, anxiety, frustrasi sejak awal. Pikiran dapat memanipulasi diri untuk merasa baik-baik saja, namun tubuhmu tidak dapat berbohong jika terdapat hal yang membuat tubuh menjadi lelah dan tak bersemangat, bahkan jatuh sakit.

‘Sampah’ yang ditumpuk sejak lahir membuat kita tak dapat berpikir jernih, kemudian menciptakan hal-hal yang membuat diri sendiri terpuruk. Pentingnya mengetahui bahwa kita membutuhkan bantuan untuk mencegah mental breakdown adalah suatu hal yang sangat penting demi menunjang seluruh aspek dalam diri untuk tetap menjadi pribadi yang sehat jiwa dan raga, karena dirimu begitu berarti, dan bahagiamu berasal dari diri sendiri, bukan orang lain.

 

Bagi Anda yang belum berkesempatan untuk mengikuti sesi BARS, Anda dapat mengikuti Kelas BARS & Body Process pada 5 dan 6 Oktober 2019:

 

 

“All of Life Comes To Me with Ease, Joy, and Glory”

Lineation Aesthetic & Health Centre

10-13 September 2019

WhatsApp Chat langsung Whatsapp