Penyebab Jerawat Ternyata Berbagai Macam

penyebab-jerawat

Hampir semua orang pernah mengalami munculnya jerawat. Jerawat kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri, dan mengganggu penampilan jika tumbuh di wajah. Jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Jerawat dapat muncul di mana saja, selama terdapat kelenjar sebum dan folikel rambut.
Sumbatan pori-pori kulit penyebab jerawat dapat disebabkan oleh kotoran, sebum, dan bakteri yang menumpuk. Ini semua dapat menyebabkan reaksi radang dan bisa menyebabkan infeksi. Bukan hanya cadangan minyak dan sel-sel kulit mati yang bisa memperbesar pori-pori, namun juga beberapa faktor eksternal, seperti pemakaian terus menerus menggunakan gaya rambut tertentu, sering menggunakan topi, tidur dengan posisi yang sama terus menerus, dan lain sebagainya.

Penyebab jerawat adalah penyumbatan pori-pori atau folikel rambut akibat produksi minyak atau sebum berlebih. Adapun beberapa faktor penyebab jerawat dapat muncul adalah sebagai berikut.:

  • Sensitive terhadap bahan makanan
  • Stress
  • Hormon terganggu
  • Kurangnya pembersihan kulit

Bagaimana pun jenis kullit yang kamu miliki, sebenarnya kulit memiliki tekstur yang sangat lembut. Oleh karena itu, kamu perlu memperlakukan kulit wajah dengan lembut dan halus. Jangan memperlakukan kulit secara kasar dan agresif saat membersihkannya. Jangan juga menggunakan produk perawatan kulit yang memakai bahan kimia yang keras seperti toner berbasis alkohol. Hal ini akan menjadi penyebab jerawat terus muncul di tempat yang sama. Setelah mengetahui faktor risiko dan kebiasaan penyebab tumbuhnya jerawat di atas, Anda perlu menghindarinya agar kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah jerawat.

WhatsApp Chat langsung Whatsapp